NVQj910czLPcwTJMLbQuHp6gW0FspGm7y0kyhjv7

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Sampingan Pakaian

Posting Komentar

Sebelum memulai bisnis sampingan pakaian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar usaha tersebut dapat berjalan dengan baik kedepannya. Banyak pemula di dunia bisnis yang tidak memperhatikan 4 hal ini sebelum memulai bisnis sampingan pakaian nya.


Tidak semua pebisnis pemula mau dan sadar akan manfaat dari menjalankan 4 proses ini step by step. 

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Sampingan Pakaian


Padahal dengan menerapkannya, usaha sampingan pakaian yang akan kalian mulai nantinya akan tidak mudah gagal serta penyerapan modal yang tepat guna demi membangun usaha sampingan tersebut.


Berikut akan kami sampaikan 4 proses yang harus kalian lakukan sebelum akan memulai bisnis sampingan menjual pakaian kalian:


1 Mengerjakan Riset Pasar Secara Keseluruhan


Riset pasar disini merupakan kegiatan yang dilakukan para wirausahawan dimana mereka akan merumuskan masalah, mengumpulkan banyak data, kemudian menganalisisnya, serta membuat laporan sistematis pada akhirnya dimana laporan tersebut akan digunakan sebagai sebuah pedoman pada saat mereka akan menentukan strategi pemasaran sebelum memulai usahanya.


Banyak sekali pebisnis pemula yang gagal karena malas untuk menyelesaikan step ini sebelum memulai usaha sampingannya..Mereka terjebak dengan iming - iming demand serta profit dari sebuah pakaian yang sedang trend saja tanpa mempertimbangkan kemampuan kompetitor lainnya dimana mereka memiliki source yang lebih baik.


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, riset pasar yang kalian lakukan harus fokus kepada 5 objek riset berikut ini:


  1. Harga Produk, objek ini guna mendapatkan data seberapa besar daya beli target konsumen kalian dan akan digunakan untuk kalian mengatur struktur harga nantinya.
  2. Kualitas Produk, objek ini sendiri meliputi fungsi produk, nilai dari produk, bentuk produk dan tingkat fungsi produk. Hal ini untuk mencari produk yang memiliki nilai jual tinggi sesuai kebutuhan market.
  3. Marketing Asset, objek ini berguna untuk menentukan bagaimana nantinya strategi marketing yang akan kita lakukan serta melihat bagaimana strategi marketing kompetitor.
  4. Distribusi Produk, objek ini untuk bagaimana kita mengatur dan menentukan jalur distribusi produk kepada konsumen.
  5. Target Konsumen, objek riset yang berguna untuk menganalisis perilaku dan kebutuhan target konsumen kita nanti.


2. Mencari dan Menentukan Supplier Tetap.


Jika kalian memulai usaha sampingan ini dengan modal yang besar maka kalian dapat memulai memproduksi produk pakaian kalian sendiri. Akan tetapi bagaimana dengan kita yang hanya memiliki modal terbatas?


Mencari dan memilih supplier atau produsen dari produk yang menjadi target kalian untuk usaha sampingan.


Sebenarnya ini merupakan tantangan terbesar untuk para pebisnis pemula di usaha sampingan bidang pakaian. Bagaimana cara mendapatkan reseller maupun produsen terbaik dari sisi produk, terpercaya dari segi pelayanan dan yang terpenting lagi adalah konsisten terhadap semua yang mereka berikan.


Mencari supplier dan produsen yang tepat sangatlah tricky saat ini. Tidak banyak bisa kita temukan reseller ataupun produsen yang recommended. Ibarat pepatah, seperti mencari jarum di tumpukan jerami.


3. Persiapkan Strategi Marketing Unik Dan Kreatif.


Buatlah strategi marketing untuk usaha sampingan pakaian kalian. Apa strategi yang kalian buat dan jalankan nantinya, akan berhubungan terhadap penggunaan modal kalian nanti.


Bagi yang bingung untuk menentukan strategi marketing, coba kalian jawab pertanyaan berikut ini:

  1. Apa sarana yang akan kalian manfaatkan untuk menjalankan strategi marketing ini: offline atau kah online? 
  2. Apa bentuk media yang akan kalian gunakan? 
  3. Program apa yang akan kalian berikan kepada konsumen dari sisi sales?


Strategi marketing ini dapat membantu usaha sampingan kalian lebih cepat dan luas lagi tentunya. Tapi perlu kalian ingat juga bahwa tidak sembarang strategi marketing berefek positif. Kalian harus lebih kreatif dan penuh inovasi dalam membuat strategi marketing. 


4. Standarisasi Pelayanan Kepada Konsumen.


Karena ini adalah usaha sampingan kalian bukan berarti kalian tidak memikirkan bagaimana pelayanan yang akan kalian terapkan kepada calon konsumen tentunya. Hal ini sering diremehkan oleh para pemula dalam dunia bisnis.


Mereka tidak menyadari bahwa kesuksesan sebuah usaha apabila konsumennya melakukan repeat order sesering dan sebanyak mungkin.


Jenis konsumen itu sendiri berbeda - beda satu dengan yang lainnya. Apa strategi kalian dalam menghadapi bermacam tingkah laku konsumen kalian tersebut?


Dengan memberikan pelayanan terbaik yang berstandar, brand awareness usaha sampingan kalian akan meningkat di mata konsumen maupun calon konsumen kalian nantinya.


Berikut adalah tips bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan:

  1. Dengarkan lah dahulu apapun keluhan dan permintaan yang datang dari konsumen kalian
  2. Jangan pernah meremehkan apapun yang konsumen sampaikan
  3. Berikan dan penuhi kebutuhan konsumen melebihi dari apa yang mereka ekspektasikan
  4. Pelayanan terbaik diiringi kepercayaan konsumen yang akan terbangun nantinya
  5. Konsumen adalah raja. Penuhi segala kebutuhannya dengan batas aturan yang sudah kalian tentukan


Demikianlah beberapa proses yang harus kalian selesaikan sebelum Memulai Bisnis Sampingan Pakaian. Semoga sukses dan sampai ketemu di artikel kami selanjutnya.


Related Posts

Posting Komentar